Keunikan Pulau Madura  

Posted by: retnaning

Siapapun orangnya jika ditanya tentang madura pastinya sudah mengetahui dimana posisinya. Tepatnya di sebelah utara kota surabaya dan terpisahkan oleh selat madura. Meskipun Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945, Kemerdekaan terhadap pulau ini tampak ketika sudah dioperasikannya jembatan suramadu yakni tahun 2009. Akses keluar-masuk menuju pulau semakin mudah. Tak kurang dari 10 menit dari arah surabaya maka kita bisa sampai di pulau yang terkenal dengan pulau garam. Dengan kelancaran yang ada sekarang ini diharapkan bisa mengantarkan rakyat madura menuju perubahan yang lebih berarti.

Di sepanjang perjalanan, sejauh mata memandang kita akan diperlihatkan karakteristik dari masyarakat pulau madura di lihat dari sudut bentang alam yang ada disana. Disepanjang perjalanan akan ditemukan lahan kosong, sawah, dan pasar. Dari pemandangan yang disuguhkan kita akan mengetahui bahwa masyarakat madura adalah masyarakat agraris dengan penghasilan yang diperoleh di bidang pertanian. Akan tetapi sistem pertanian yang mereka terapkan kelihatan belum berjalan maksimal. Apakah memang tekstur tanah yang kurang mendukung, ataukah kemampuan dari petaninya yang belum bisa mengerjakannya dengan maksimal?. oleh sebab itu, pemanfaatan lahan kosong dengan kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki dengan mendatangkan para ahli menjadikan lahan tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain sawah dan keaslian dari lahan kosong tersebut, kita bisa menikmati pemandangan yang mengisayaratkan bahwa masyarakat madura selain bertani, mereka suka berdagang. Keramaian dari adanya sebuah pasar disetiap kecamatan yang dilewati, merupakan bukti bahwa di bidang perdagangan mereka bisa melanjutkan kehidupanya. Masyarakat madura adalah masyarakat yang pandai berdagang.

Sisi lain dari keunikan yang ditampakkan adalah kekerabatan dan masyarakat yang agamis. Rumah kecil, mirip sebuah gubug, terbuat dari bambu, posisi disebelah barat rumah, dengan desain rumah dalam satu kerabat yang berkumpul. Itulah mushola. Tempat dimana mereka bersembahyang. 'Selain untuk bersembahyang, mushola juga biasa digunakan sebagai tepat bertukar pendapat antar anggota keluarga'. Ujar Husein warga Sampang saat ditanya tentang fungsi dari bangunan tersebut.

Demikian gambaran sekilas keunikan yang ditampakkan dari pulau madura. Ditinjau dari bentang alam dan dan kaitanya dengan keunikan yang di tampakkan. Belum sampai pada makanan, hasil kerajinan dan kebudayaan yang memberikan karakteristik tersendiri bagi masyarakat pulau madura. Pun juga watak khas serta bahasa penduduk yang berdomisili disepanjang pantai kepulauan madura.(ning, 10/08/2009)

This entry was posted on 12.22 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar